Friday 14 August 2015

Panduan Format Penulisan Karya Ilmiah

I. PENDAHULUAN

1. Umum
           Dalam masyarakat tugas akhir, mahasiswa di jurusan Teknik Mesin Universitas syiah Kuala diwajibkan menuliskan tiga jenis karya tulis yaitu: proposal, karya ilmiah dan tugas akhir. Masing-masing karya tulis memiliki ciri dan ketentuan masing-masing. Karya tulis ilmiah dalam hal ini merupakan bahagian dari tugas akhir yang berisikan ringkasan dari keseluruhan tugas akhir yang disajikan dalam bentuk makalah ilmiah. Dengan demikian diharapkan karya ilmiah ini akan menjadi wahana untuk menyajikan hasil kajian secara teoritis dan analitis mahasiswa dalam bentuk makalah kepada masyarakat.

2. Tujuan Penulisan Karya Ilmiah
       Adapun tujuan dari penulisan karya ilmiah adalah untuk memberikan latihan ataupun pembelajaran kepada mahasiswa untuk memaparkan secara sistematis hasil kajian baik melalui experimen ataaupun analitik yang diperoleh melalui tugas akhir dalam bentuk makalah.

3. Sasaran Dari Karya Ilmiah
         Setelah penulisan karya ilmiah diharapkan mahasiswa telah mampu menuliskan hasil suatu kajian ilmiah dalam bentuk makalah secara sistematis, sehingga kajian ilmu pengetahuan dan teknologi yang diperoleh dapat dengan mudah di publikasikan kepada masyarakat.
4. Isi Karya Ilmiah
           Secara umum batang tubuh dari karya ilmiah memuat uraian/penjabaran dan analisa yang diperoleh dari melalui tugas akhir mahasiswa. Penyajian karya ilmiah dimuai dengan judul, abstrak, latar belakang dan permasalahn, tinjauan pustaka, metodologi pengkajian, hasil kajian dan analisa serta kesimpulan. Penulisan karya ilmiah ini akan dibimbing oleh dosen pembimbing dan co pembimbing yang di tunjuk oleh jurusan Teknik Mesin.


II. SITEMATIKA PENULISAN KARYA ILMIAH
             Secara umum sistematika Karya Ilmiah Jurusan Teknik Mesin Uniersitas Syiah Kuala terdiri dari:
a. Abstrak
b. Pendahuluan
c. Tinjauan Pustaka
d. Metode Kajian
e. Hasil dan Pembahasan
f. Kesimpulan
g. Penghargaan
h. Daftar Pustaka


III. FORMAT PENULISAN
             Format penulisan karya ilmiah adalah sebagai berikut:
a. Karya ilmiah disusun di atas kertas A4 (80 gram) dalam 2 kolom dengan susunan margin kiri 3 cm, margin kanan 1,5 cm, margin atas dan bawah 2,5 cm dan jarak antara baris tulisan 0,5 spasi kecuali untuk judul dan abstrak. Nomor halaman berada di tengah bawah tiap halaman. Huruf yang digunakan Times New Roman dengan font 12 atau Arial dengan font 11.

b. Jumlah maksimum halaman karya ilmiah adalah 5 halaman.

Note: Panduan lengkapnya bisa lewat email, silahkan tuliskan alamat email agan di kolom komentar.